UPDATE

16 Feb 2015

Akhlak Terhadap Keluarga

AKHLAK TERHADAP KELUARGA

          Makna dari kata saudara bisa diartikan secara sederhana dan bisa pula secara luas. Saudara dalam kata yang sederhana adalah hubungan yang terjalin karena adanya sebab pertalian darah, senasab atau seketutunan. Sedangkan makna yang lebih luas saudara bisa diartikan juga sebab karena adanya ikatan-ikatan emosional seperti agama, bangsa dan daerah.Saudara seagama, saudara sebangsa, saudara sekampung adalah contoh ikatan persaudaraan yang juga ada dalam masyarakat kita. Demikian pula dengan makna keluarga ada makna keluarga secara tradisional yaitu keluarga inti adapula makna keluarga secara luas yakni keluarga besar yang terhimpun dalam ikatan persaudaraan, himpunan kerukunan warga dan lainnya.
      Keluarga merupakan tempat pertamakali seseorang mendapatkan pendidikan. Di dalam keluarga seorang anak mendapatkan pemenuhan kebutuhan jasmani dan rohani seperti makan, minum, pakaian pendidikan dan kasih sayang. Situasi yang demikian menunjukkan bahwa seorang anak sampai pada usia tertentu tidak bisa lepas dari ikatan keluarga. Tidak jarang seorang anak kurang menyadari hal tersebut. Mereka beranggapan bahwa keluarga merupakan penghambat atas kebebasan yang tak terbatas. Anggapan yang demikian membuat mereka kurang menghargai keberadaan orang tua dan anggota keluarga lainnya. Akibat hubungan keluarga menjadi tidak harmonis..

        Alangkah pentingnya memberikan pendidikan nilai yang membantu peserta didik menyadari akan pentingnya sebuah keluarga. Adapun nilai-nilai yang bisa diajarkan adalah seperti cinta kasih, rela berkorban, tolong menolong, kerja sama, saling memaafkan, peduli, hormat menghormati dan rasa bersyukur. Abdurrahman An Nahlawi dalam kitabnya Ushulut Tarbiyatil Islamiyah menyatakan bahwa tujuan dari adanya pendidikan anak dalam keluarga ini setidaknya ada empat hal yakni: menegakkan hukum-hukum Tuhan, merealisasikan ketentraman jiwa, melaksanakan perintah rasul dan merealisasikan kecintaan kepada anak.

About ""

Tetap belajar dan mencari ilmu agar hidupmu berguna ,dan jangan lupa berbagi ilmu kepada yg lainnya agar ilmu yg di berikan bisa bermanfaat dan bertambah pengetahuan

Posting Komentar

 
Copyright © 2016 Cerita dan belajar
Design by FBTemplates | BTT