UPDATE

9 Jul 2015

Perangkat Keras Masukan (Input Device)

Perangkat Keras 
A. Keyboard
Keyboard merupakan alat input data yang paling umum pada komputer. Perlu kita ketahui bahwa keyboard merupakan alat yang paling lamban dari semua alat input. Keyboard mengkonsumsi arus listrik yang rendah untuk mengirim implus listrik ke CPU ketika kita menekan sebuah tombol. arus listrik yang rendah inilah sangat sedikit risiko kejutan listrik dari keyboard sehingga tindakan pencegahan keselamatan (safety precaution)  tidak diperlukan ketika menggunakannya.
Penciptaan keyboars komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan Christopher Latham pada tahun 1868 dan tahun 1887 diproduksi oleh prusahaan Remington. Pada tahun 1973, keyboard jenis Querty diresmikan sebagai keyboard Standar ISO (International Standar Organization). Keyboard yang kita kenal sekarang memiliki beberapa jenis port ingat ya PORT bukan KOMPOR :D, yaitu port serial, PS2, USB danWireless.
Keyboard terdiri dari beberapa jenis. Berikut jenis-jenis keyboard.
1.) Qwerty
2.) Dvorak
3.) Klockenberg




B. Mouse
Mouse adalah nama alat yang digunakan sebagai penunjuk (pointing device) pada software berbasis Graphical User Interface (GUI). Sebuah mouse merupakan peralatan penting dalam program paket grafik dan seni rupa (drawing).
Mouse adalah unit masukan yang berfungsi untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Sinyal-sinyal listrik sebagai input device ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Mouse terdiri dari beberapa port, yaitu: mouse serial, mouse PS/2, USB, dan wireless.
Sebagian besar mouse terdiri dari 3 tombol, dan umumnya hanya dua tombol yang digunakan, yaitu tombol kanan dan kiri. Saat ini, mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll) ,yang terletak di tengah . di zaman yang serba modern ini prusahaan mengembangkan kembali mouse yaitu mouse bagi pengguna game ,dan tombolnya terdiri dari 6,8 bahkan 11 .


C. Light Pen
         Light Pen adalah pointer (Penunjuk) elektronik yang digunakan untuk memodifikasi dan mendesain gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian di rekam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.


E. Joystick dan games paddle
           Joystick adalah penunjuk populer untuk game komputer, meskipun dapat digunakan untuk aktivitas lain. Alat ini biasanya dapat digunakan untuk aktivitas lain. Alat ini biasanya mempunyai landasan plastik persegi atau segi empat tuas vertikal. Tombol Kontrol ditempatkan pada dasar dan terkadang di atas tuas. Tuas ini dapat digerakkan ke segala arah untuk mengendalikan gerakkan objek pada monitor. Cara kerjanya mirip dengan mouse. Dalam beberapa kasus, joystick dapat digunakan untuk paket grafis. Ada dua jenis joystick, yaitu analog dan digital. Jenis digital lebih baik karena terdapat sebuah Analogue to Digital Converter (ADC) dan dapat mengkonversikan sinyal secara langsung ke Central Processing Unit (CPU)

F. Graphics Tablets Atau Graphics Pads
       Graphics Tablets Atau Graphics Pads berfungsi untuk menggambar suatu objek di layar monitor komputer. Fungsinya secara umum adalah sebagai teknologi Computer Aided Design (CAD) yang dimanfaatkan oleh para insinyur dan arsitek dalam pekerjaan rancang bangun gedung.
Ada Graphics Pad yang menggunakan jarum (stylus) dan bantalan sebagai tempat menggambarkan objek dengan tegangan yang rendah. pada jenis yang lain menggunakan bantalan sensitif sentuh (touch sensitive pad) tanpa penggunaan stylus .



Next -> PERANGKAT KERAS KOMPUTER 2

About ""

Tetap belajar dan mencari ilmu agar hidupmu berguna ,dan jangan lupa berbagi ilmu kepada yg lainnya agar ilmu yg di berikan bisa bermanfaat dan bertambah pengetahuan

2 komentar:

 
Copyright © 2016 Cerita dan belajar
Design by FBTemplates | BTT